Mahasiswa PMM 36 UMM ajak Masyarakat Desa Ngambon Produktif dengan Metode Bercocok Tanam “Hidroponik” di Masa Pandemi

Ngambon(25/08) – mahasiswa PMM 36 UMM yang dibimbing oleh ibu Ririn Harini.,S.Kep.Ns.M.Kep dengan anggota lima mahasiswa, berikan kerangka hidroponik dan bibit tanaman sawi di Balai Desa Ngambon yang bertujuan agar masyarakat dapat mengembangkan kreatifitas bercocok tanam dan sekaligus memenuhi kebutuhan gizi di masa pandemi. Sawi merupakan salah satu tanaman yang dipilih karena umumnya mudah dikonsumsi dan memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, dan sedikit vitamin C. Program hidroponik di kalangan masyarakat Desa Ngambon masih sangat awam, oleh karena itu mahasiswa PMM 36 UMM memberikan edukasi secara langsung dan melalui video mengenai proses penanaman tanaman hidroponik. Program tersebut memberikan hasil tanaman yang lebih sehat dan tidak mengenal musim dibanding dengan cara bercocok tanam lainnya.

Seluruh perangkat Desa Ngambon turut serta dalam pelaksanaan sosialisasi. Kerangka hidroponik diletakkan di halaman depan balai desa, dimaksudkan agar warga yang berkunjung atau memiliki keperluan ke Balai Desa akan melihat serta termotivasi untuk membuatnya. “Saya tertarik dengan metode hidroponik yang kalian buat” ungkap pak didik setelah menemani anggota PMM 36 menyusun kerangka hidroponik di Balai Desa.

Nutrisi AB Mix sangat dibutuhkan untuk metode tanaman hidroponik, dengan takaran pemberian 1000 ml air, 5 ml nutrisi A dan 5 ml nutrisi B. Alat- alat untuk kerangka hidroponik juga mudah didapat, alat yang biasanya digunakan yaitu dengan paralon, bambu, botol, dan lainnya. Perawatan tanaman hidroponik tidak kalah mudah yaitu dengan penggantian nutrisi 3 hari sekali dan tidak membutuhkan lahan yang luas. Dengan begitu, adanya pandemi ini masyarakat bisa produktif.

Pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) Kelompok 36 yang berlokasi di Dusun Badegan Desa Ngambon akan memberikan tindak lanjut kepada masing-masing ketua RT di dusun tersebut. Pemberian informasi melalui video tutorial bercocok tanam menggunakan metode “Hidroponik” akan disebarluaskan guna meningkatkan kreatifitas warga agar produktif di masa pandemi seperti ini. Kesehatan merupakan hal paling utama saat ini, dengan demikian mengkonsumsi makanan bergizi salah satunya sayur adalah sesuatu yang sangat dianjurkan. (mine)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *