Mahasiswa PMM 36 UMM Gelar Pelatihan Pengolahan Keripik Brownies Pisang bersama Ibu-Ibu PKK Desa Ngambon

  1. Ngambon – Mahasiswa Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM)  Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kelompok 36 2020 dengan bimbingan DPL Ririn Harini., S.Kep.Ns.M.Kep, melakukan kegiatan yang berlokasi di Dusun Badegan, Desa Ngambon, Kecamatan Ngambon, Kabupaten Bojonegoro. Sesuai tema kegiatan yaitu meningkatkan dan mengembangkan  kreativitas masyarakat Desa Ngambon di Masa Pandemi Covid-19, kelompok 36 menggelar  pelatihan  pembuatan keripik brownies pisang bersama ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Ngambon. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Desa pada Sabtu (15/8/2020) bersamaan dengan kegiatan arisan rutin yang dilaksanakan dalam bulan ini.

    Adapun pelaksanaan pelatihan ini diharapkan dapat  meningkatkan kesejahteraan dan bisa mengembangkan kreativitas ibu-ibu PKK dalam berwirausaha dimasa pandemi Covid-19. Pemilihan program ini awalnya sederhana saja, karena potensi desa yang banyak tanaman pisang dan menghasilkan buah pisang yang dijual tanpa pengolahan terlebih dahulu. Selain itu ibu-ibu yang telah selesai dengan urusan rumah tangga banyak yang tidak mempunyai aktifitas lain, sehingga kelompok 36 mengadakan pelatihan tersebut. Selain itu terdapat rencana pemasaran produk yang nantinya dapat digunakan sebagai acuan untuk proses penjualan. 

    Kegiatan ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah, peserta diarahkan untuk mencuci tangan kemudian menggunakan handsanitizer dan menjaga jarak. PMM 36 UMM dan masyarakat Desa Ngambon dipastikan ikut serta dalam mencegah penularan Covid-19 di Desa Ngambon. Pada kegiatan ini, ibu-ibu PKK sangat antusias menyimak demo masak yang dijelaskan oleh Iffa. Bahkan, beberapa peserta pelatihan maju kedepan sehingga dapat mempelajari cara pembuatan keripik brownies pisang dengan lebih jelas. Selain nama keripik brownies pisang yang mudah diingat,  proses pengolahannya pun sangat sederhana dan bahan mudah  didapatkan . 

    Terakhir, dikarenakan Desa Ngambon memiliki pasar pisang dengan banyak pemasok pisang “maka kami berharap kegiatan ini nantinya dapat meningkatkan usaha kecil menengah (UMKM) seperti rumah pangan demi terciptanya desa mandiri” Ucap Ibu Kepala Desa sekaligus sebagai Ketua PKK. Kegiatan ini diakhiri dengan acara foto bersama Ibu Tim Penggerak PKK Desa Ngambon dan Mahasiswa PMM Kelompok 36 Universitas Muhammadiyah Malang. (iffajm)

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *