Musrenbangdes 2020 Desa Ngambon Naik Jadi Desa Mandiri

Ngambon, 14/01 (Pemdes Ngambon) – Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Desa Ngambon, Kec. Ngambon, Kab. Bojonegoro dilaksanakan pada hari Selasa, 14 Januari 2020. Dihadiri oleh Forpimcam Ngambon, Kepala UPT Puskesmas Ngambon, Kepala Desa Ngambon beserta Perangkat Desa, BPD Ngambon, RT/RW, PKK, LPMD, Karang Taruna, Karang Werda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pendidikan dan Lembaga Desa lainnya. Sesuai dengan perkembangannya yang mana Desa Ngambon mulai tahun 2020 statusnya naik menjadi Desa Mandiri yang mana telah dianggap baik oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

Dihadiri oleh ( Narasumber )        :

  1. Kepala Desa Ngambon
  2.  Camat Ngambon
  3.  Sekcam Ngambon
  4. Batiuud Koramil 0813/16 Ngambon
  5. Kepala UPT Puskesmas Ngambon

Hasil / Proses Pertemuan :

Sutopo (Kepala Desa Ngambon)

Pembangunan yang dilaksanakan di Desa Ngambon Kecamatan Ngambon Kabupaten Bojonegoro Tahun 2019 kemarin lancar, disertai dengan Berita Acara penyerahan Bangunan dari TPK kepada saya. Mulai dari pembangunan Fisik maupun pemberdayaan. Beberapa agenda pembangunan fisik antara lain : Rehap Pavingisasi Jalan RT, Pembangunan Saluran Air RT, Gorong-gorong dan TPT, Program PKK, Program Karang Taruna, DAK Pendidikan dan lainnya. Harapan untuk hasil Musrenbangdes Tahun 2020 untuk Rencana Kegiatan Tahun 2021 bukan hanya fisik namun pengembangan di sektor UMKM dalam hal ini Ekonomi Kreatif perlu di tingkatkan guna menambah pendapatan Masyarakat Desa Ngambon.

Muridan, MM. (Camat Ngambon)

Pembangunan berkelanjutan menjadi prioritas utama untuk Kecamatan Ngambon khususnya Desa Ngambon. Dalam kesempatan Musrenbangdes ini ada beberapa hal yang menjadi acuan utama, diantaranya :

  1. Penguatan BUMDes Desa Ngambon yang mana sekarang menjadi acuan utama skala prioritas dikarenakan Desa Ngambon masuk dalam Desa Mandiri.
  2. Penanganan Stunting harus lebih serius lagi guna menyelaraskan program Bupati Bojonegoro dalam bidang kesehatan dewasa ini.
  3. Pengembangan aspek Pemberdayaan, Kesenian dan pembinaan atlet garuslah seoptimal mungkin mendapatkan perhatian dari Pemerintah Desa khususnya Desa Ngambon.

Supranata, S.Sos. (Sekcam Ngambon)

  1. Program prioritas usulan menurut skala prioritas haruslah menjadi perhatian utama.
  2. Sinkronisasi Program Kabupaten dengan Desa haruslah lebih jelas guna mendukung visi dan misi Bupati Bojonegoro dalam hal ini utamanya Penanganan Stunting lewat Dinas Kesehatan dan UPT Puskesmas Ngambon.
  3. Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa dan Tim Pelaksana yang ada dilapangan guna memperbaharui skill dan kemampuan saat bertugas. Dan tidak lupa dalam hal ini Satlinmas Desa Ngambon.
  4. Dimohon untuk selalu menjaga stabilitas keamanan, meningkatkan kerukunan bersama, mengingat Desa Ngambon memasuki Era Politik yaitu Pilkades Serentak Bulan Februari 2020.

Pelda Mujianto (Batiuud Koramil 0813/16 Ngambon)

Penggunaan Anggaran Desa yang baik akan menjadikan desa tersebut menjadi aman dari hukum, Polisi sebagai Mitra Desa dalam pengawasan Penggunaan Dana Desa, hati-hati terhadap segala bentuk tindak Korupsi, Kolusi dan Nepotisme yang akan menyeret kedalam jalur hukum. Selain itu awasi generasi muda kita terhadap penyalahgunaan Narkoba dan Minuman Keras.

dr. Santi Asty (Kepala UPT Puskesmas Ngambon)

Berkenaan dengan penanggulangan Stunting harus ada penanganan intensif sesuai dengan program Bupati Bojonegoro. Pemberian Gizi yang cukup dimulai saat ibu hamil dan sampai menyusui selama 2 tahun. Harus diadakan Pos Gizi untuk wilayah Posyandu Desa Ngambon Kec. Ngambon Kab. Bojonegoro. Untuk ODF wilayah ini sudah memenuhi seluruhnya. Pendampingan Ibu Hamil harus dimaksimalkan oleh Kader minimal 4 kali pada masa kehamilan dan 9 kali untuk Risiko tinggi. Akomodasi untuk posyandu harus dimaksimalkan semisal Tripod Tiangle dan Pengadaan Kelas Ibu Hamil.

Hasil Diskusi Musrenbangdes

Diskusi dibagi menjadi 3 kelompok bidang yaitu Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Pelaksanaan Pembangunan, Pembinaan Kemasyarakatan dan Ekonomi. Setiap Kelompok terdapat 10 Perwakilan yang membahas 3 bidang dan prioritas mana yang di utamakan untuk Tahun 2019 dan yang dibawa ke Musrenbangcam. Hasil Musrenbangdes (Terlampir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *