Tim Gugus Covid-19 Desa Ngambon Lakukan Penyemprotan Disinfektan Pada Pasar Hewan dan Pasar Desa

Ngambon, 10/05/2020 (Pemdes Ngambon) – Pasar Hewan dan Pasar Desa Ngambon, Minggu (10/05/2020) dilakukan penyemprotan Disinfektan. Sekitar pukul 06.00 WIB Pemerintah Desa Ngambon Kec. Ngambon Kab. Bojonegoro melalui Tim Gugus Tugas Covid-19 telah melakukan penvegahan dan upaya memutus rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Kedua Pasar Besar milik Pemerintah Desa Ngambon tersebut memang pusat kegiatan perekonomian warga Kecamatan Ngambon pada umumnya dan Warga Desa Ngambon pada khususnya. Pasar Hewan yang buka pada setiap Legi (hitungan pasar) dan Pasar Pisang memang diperhitungkan sebagai antisipasi siklus penyebaran Covid-19. Berbagai Pedagang baik dari Ngambon, terdapat juga pedagang dari luar wilayah Ngambon yang hilir mudik didalamnya. Pasar Pisang yang notabennya tercatat sebagai salah satu sentra jual beli Pisang di wilayah Bojonegoro.

Yudi, salah seorang anggota tim gugus yang bertugas melakukan penyemprotan pagi itu sudah siap dengan perlengkapannya. Masker, Alat Semprot (Sprayer) dan Cairan Disinfektan telah siap digunakan. “Kami selaku anggota tim gugus Covid-19 Desa Ngambon siap siaga dalam menjalankan tugas, salah satunya penyemprotan ini”, Kata Yudi.

Selain itu Kepala Desa Ngambon, Yuli Triyono, S.Pd. beserta salah satu perangkatnya dan tim Kesehatan Puskesmas Ngambon juga ikut mendampingi proses pelaksanaan penyemprotan itu. “”Berdasarkan anjuran dari WHO, bahwa bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai desinfektan adalah etanol dan sodium hipoklorit (pemutih). Kebanyakan larutan bahan pemutih rumah tangga mengandung 5 persen sodium hipoklorit (50000 bpja klorin), yang mana cairan disinfektan bisa dibuat dengan campuran cairan pemutih pakaian atau pembersih lantai”, ucap Pak Kades Ngambon.

Dengan adanya usaha pencegahan penyebaran Covid-19 dari Pemdes Ngambon dan Tim Gugus Tugas Covid-19 dengan cara Penyemprotan maka akan memberikan rasa tenang dan aman bagi warga dan pedagang. Paling tidak selain adanya Himbauan (Siaran Keliling), bagi-bagi Masker oleh Relawan Covid-19 dan penyediaan Tempat Cuci Tangan oleh Petugas Pasar, diharapkan Pedagang dan Pengunjung Pasar, baik Pasar Hewan maupun Pasar Desa Ngambon selalu sadar diri untuk memakai masker dan menjaga kesehatan masing-masing, karena kita tahu betapa mengerikan Virus Corona tersebut. (*/pemdesngambon/**admin)

One thought on “Tim Gugus Covid-19 Desa Ngambon Lakukan Penyemprotan Disinfektan Pada Pasar Hewan dan Pasar Desa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *